Ditulis : Mardiansyah Usman
Bengkulu, 4 April 2020
![]() |
Ilmu tidaklah sempurna, sebelum disebarkan dan diamalkan (Hikmat Ramdan, 2020) |
Tuntutlah
ilmu sejak dari buaian sampai liang lahat. Kalimat populer tersebut bukanlah hadist,
namun merupakan nasehat para salaf (islamedia.id).
Ungkapan tersebut
menjadi dasar dari ungkapan “Lifelong learning” atau pembelajaran seumur hidup. Jika kita mau mengamati,
kehidupan di dunia ini seakan tidak pernah sepi dari kegiatan belajar, sejak
mulai lahir sampai hidup ini berakhir.
Menuntut
ilmu tidak kenal hari libur, bisa formal maupun informal, dan tidak mengenal
waktu ataupun usia. Siapapun, kapanpun dan dimanapun ilmu pengetahuan akan
selalu ada disekitar kita. Perjalanan panjang meraih ilmu pengetahuan juga
diiringi dengan pengalaman, maka bersabarlah.
Dalam menghadapi
kondisi wabah Covid19 di Kuartal I Tahun 2020 ini, kita harus taat pada aturan
yang telah disampaikan bahwa dengan terbitnya Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun
2020 tentang Pembatasan Social Berskala Besar (PSBB) harus dilaksanakan secara
bijaksana.


Hal tersebut bukanlah halangan, justru membuat jalinan silahturahmi dan keinginan dari teman-teman yang concern
terhadap perkembangan ilmu dan pengetahuan tentang Drone semakin dinamis positif.
Setelah kelas online #1 sampai dengan ke #9. Dengan berlakunya kondisi PSBB tersebut,
ada Hikmahnya di Bulan Sya’ban bahwa Dr. Hikmat Ramdan akan menyampaikan Kuliah
Online hari Sabtu 4 April 2020 pukul 19.30-22.00 WIB.
Beliau merupakan Dosen Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) ITB, Pengampu Kuliah Pengelolaan
Bentang Alam Terpadu / Integrated Land Resources Management), memberikan
Materi di Kelas Online #10 tentang Drone for Environment. Disamping itu
juga hadir Zulfikar Mardiyadi (Dosen Universitas Papua) dengan Host Anton Chandra (Skygrapher).
Kelas Online
tersebut berjalan lancar, kuota 100 partisipan, kelas online full hadir. Walaupun
gangguan teknis sinyal dan cuaca dimasing-masing daerah di Indonesia yang
berbeda. Materi yang disampaikan menarik dan interaksi tanya jawab berjalan
dinamis.
Materi yang
disampaikan diantaranya bahwa Teknologi yang diciptakan setidaknya untuk 2 hal
penting yaitu untuk mempermudah pekerjaan dan meningkatkan nilai tambah. Pemanfaatan
teknologi itu adalah pilihan : dimanfaatkan, ditolak atau ditinggalkan. Kebutuhan
teknologi yang kita gunakan senantiasa selalu berubah mengikuti tren waktu dan
kondisi. Namun, yang tidak berubah dari kebutuhan manusia adalah Food, Energy
and Water (FEW) yang harus selalu terjamin Kuantitas, Kualitas dan
Kontinuitasnya (3K), karena manusia adalah makhluk ekologis yang selalu
membutuhkan ekosistem untuk mempertahankan kehidupannya. Dalam perkembangan
Revolusi Industri 4.0 saat ini, teknologi adalah salah satu elemen penting
dalam 3K-FEW tersebut.
Isu penting
informasi sumber daya alam membutuhkan Big Data dan Remote Sensing, Sofwatware
Engineering in Natural Resources, Spatial Thingking, Intergrasi “Data Gathering”
dan online communication (visual, audio, video). Hal tersebut dapat dilakukan
inovasi dengan Jejaring Server kapasistas tinggi dan sistem pengelohan data
jarak jauh, pemilihan dan penggunakan software yang tepat, efektif dan efision,
data spasial untuk semua aspek, integrasi : data lapangan, citra satelit dan
drone, penggunaan aplikasi mobile dan social media.
Menurut FAO & ITU (2017), bahwa dampak bisnis pengguna drone diprediksi akan selalu
berkembang sebagai commercial applications and market valus by industry yaitu
Infrastruktur, Pertanian, Transportasi, Keamanan, Media dan Hiburan, Asuransi,
Telekomunikasi dan Pertambangan.
Drone
sebagai alat yang digunakan dalam pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan.
Ada beberapa aplikasi yang telah diterapkan
seperti drone untuk pengendalian ulat di perkebunan jagung, monitoring
kesehatan tanaman pada perkebunan teh, mapping
forest and biodiversity, precision and sustainable, forest planning management,
mapping canopy gaps, measuring forest canopy height and attributes, landuse
change & ecosystem monitoring, ecosystem services (carbon & ecotourism/
healing forest), vegetation health monitoring, forest & land
rehabilitation, vegetation inventory, analissi tutupan lahan, pemantauan
eksosistem sercara time series, monitoring kesehatan pohon, motoring kebakran
hutan dan lahan, analisis identifikasi dan klasifikasi penutupan lahan, pemantauan
habitat tumbuhan dan satwa liar, pendugaan simpanan karbon, analisis desain tapak
pengelolaan wisata alam, pendugaan erosi tanah, healing forest dll.
Kegiatan Drone4Environtment
tersebut dimulai dengan persiapan, akusisi data, pengolahan data yang
menghasilkan berupa orthophoto, DSM, DTM, 3D model yang merupakan input data
spasial dalam menganalisis yang bermuara ke Pengelolaan Sumber Daya Alam dan
Lingkungan serta mendukung pembangunan yang berkelanjutan.
Kuliah online
di malam hari, mempunyai tantangan dan perjuangan bagi masing-masing partisipan.
Interaksi dan diskusi di dalam kelas tetap menjaga etika dan sopan santun.
Diharapkan ke depan akan dibahas dengan tema yang berbeda yang lebih mendalam.
Semoga kuliah online ini menjadi bermanfaat dalam kebaikan serta menjadi ladang
amal jariyah bagi kita semua. Aamiin...
Berikut tanyangan
ulangnya di Youtube Anton Chandara dan Papua
Mapping Centre : Kelas Online
SkyGrapher #10 Bersama Pemateri omHikmat Ramdan, Tentang DRONE4environment
Part#1 intro https://www.youtube.com/watch?v=Bnzik6Rkgzs
Komentar
Posting Komentar